7 Tips Agar Rambut Tetap Cantik Sepanjang Hari

Merawat rambut adalah suatu kebutuhan bagi wanita yang berambut panjang agar selalu terlihat tetap cantik dan sehat sepanjang hari. Karena b...

Merawat rambut adalah suatu kebutuhan bagi wanita yang berambut panjang agar selalu terlihat tetap cantik dan sehat sepanjang hari. Karena biasanya rambut sering kali menjadi kusam setelah melakukan aktivitas seharian di luar. Masalah rambut kusut, rontok, dan kusam, biasanya terjadi pada seseorang yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Perawatan rambut memang terkadang membutuhkan biaya yang cukup besar. Namun ternyata perawatan rambut sebenarnya bisa saja murah. Lakukan saja beberapa tips merawat rambut berikut agar rambut tetap terlihat cantik dan indah sepanjang hari:

1. Hindari stress
Stress merupakan salah satu hal yang menyebabkan kerusakan pada rambut. Agar terhindar dari kerusakan rambut yang semakin parah, coba lakukan meditasi atau bersantai di ruangan dan pasang lilin aromaterapi untuk membantu mengurangi stres.


2. Cukup tidur
Dengan tidur yang cukup, maka rambut dapat beristirahat dan rileks, sehingga dapat memperbaiki dirinya sendiri. Sirkulasi darah juga menjadi lancar dengan tidur yang cukup sehingga terhindar dari kerontokan rambut.

3. Pijat dengan minyak rambut
Untuk membuat kulit kepala tetap sehat, pijat dengan menggunakan "hot oil". Minyak ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang pertumbuhan rambut. Kini banyak produk ‘hot oil’ yang cara penggunaannya dengan memasukkan ke dalam air panas, setelah didiamkan selama beberapa menit, pijatkan pada rambut dan kemudian bilas dengan air bersih.

4. Jaga kebersihan rambut
Rambut kotor dan lepek dapat menyebabkan ketombe dan juga rambut rontok. Cucilah rambut paling sedikit tiga kali dalam seminggu agar rambut tetap sehat. Bersihkanlah kulit kepala, karena disana kotoran dan minyak paling banyak menempel.

5. Kurangi pemakaian pengering rambut
Hair dryer atau juga catok, dapat merusak pelindung pada rambut karena panasnya yang berlebihan. Sebaiknya gunakan alat pengering rambut hanya ketika ada acara-acara tertentu saja. Lebih baik lagi apabila menggunakan serum pelindung sebelum menggunakan alat pengering rambut. Sebenarnya cara yang lebih baik dan sehat untuk mengeringkan rambut adalah dengan menggunakan handuk untuk membungkus rambut, dan diamkan selama beberapa saat.

6. Hindari pemakaian kondisioner secara berlebihan
Keramas biasanya dapat menyebabkan rambut kehilangan kelembaban. Terkadang seseorang menggunakan kondisioner agar rambutnya dapat menjadi lembab kembali. Namun pemilihan kondisioner perlu hati-hati, pilihlah yang tidak banyak bahan kimia kerasnya. Caranya dengan mengusapkan kondisioner dari tengah hingga ujung rambut. Hindari terkena kulit kepala agar rambut tidak lengket dan menjadi berminyak.

7. Konsumsi nutrisi yang tepat
Konsumsi makanan yang kaya akan protein seperti telur, ikan dan daging merah. Selain protein, kalsium dan zat besi juga baik untuk rambut, yang didapatkan dari produk olahan susu, bayam dan brokoli. Selain itu, lemak juga dapat menjaga rambut agar tetap lembut dan berkilau. Lemak yang terdapat pada kacang walnut, almond dan ikan salmon, sangat baik untuk rambut. Kebutuhan secukupnya meminum air juga sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut.

PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

cantik 4059469009571912056

Post a Comment

emo-but-icon

item