Mencegah Diabetes Sejak Dini

Gaya hidup yang tidak sehat menyebabkan timbulnya penyakit yang merugikan kesehatan tubuh. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesehat...

Gaya hidup yang tidak sehat menyebabkan timbulnya penyakit yang merugikan kesehatan tubuh. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan seseorang adalah pola makan, stress serta aktifitas harian. Asupan makanan yang tidak seimbang dan kurangnya aktifitas tubuh menjadi faktor yang menyebabkan seseorang terserang berbagai penyakit, salah satunya penyakit diabetes.



Penyakit diabetes atau gula adalah penyakit yang timbul akibat kurangnya produksi insulin oleh pankreas. Penyakit ini berhubungan dengan metabolisme karbohidrat yang ditandai dengan meningkatnya konsentrasi glukosa dalam darah sehingga menyebabkan insulin dalam tubuh tidak bekerja dengan baik karena tidak mampu memcah glukosa. Selain karena gaya hidup yang tidak seimbang, penyakit yang bersifat kronis (menahun) ini juga dapat disebabkan karena faktor keturunan. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah timbulnya penyakit diabetes.

1. Kurangi Makanan dan Minuman Manis
Makanan maupun minuman yang manis memiliki kandungan glukosa atau gula, oleh karena itu Anda wajib mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis. Sebaiknya, Anda mengganti gula dengan gula rendah kalori seperti gula jagung. Selain itu, tidak disarankan mengkonsumsi nasi terlalu banyak, karena nasi mengandung banyak gula yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit diabetes. Nasi putih dapat diganti dengan nasi merah.

2. Kurangi Makanan Berlemak
Makanan berlemak seperti junk food dan jerohan merupakan makanan yang dapat    meningkatkan kadar gula atau glukosa di dalam darah. Anda dapat menggantinya dengan mengkonsumsi makanan yang alami seperti sayuran dan buah-buahan.

3. Perbanyak Olahraga
Olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Olahraga yang rutin membuat berat badan menjadi stabil, serta dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Berolahraga secara rutin dapat menjadi solusi untuk mencegah penyakit ini secara efektif.

4. Perbanyak Air Putih
Air putih merupakan minuman yang paling baik bagi kesehatan tubuh manusia. Dengan membiasakan diri untuk selalu minum air putih, yaitu sebanyak 8 gelas sehari, dapat menghindari Anda untuk meminum minuman manis seperti teh, sirup, dan lain-lain.

5. Hindari Rokok dan Minuman Beralkohol
Apabila Anda seorang perokok atau pengkonsumsi minuman beralkohol, sebaiknya kebiasaan itu dihentikan sesegera mungkin. Rokok dan minuman beralkohol, jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes.


PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

penyakit 7153335886559225312

Post a Comment

emo-but-icon

item