Beberapa Akibat Sering Makan Ikan Mentah

MetroSehat.com -  Tidak hanya karena enak, orang-orang memakan ikan karena kandungan proteinnya yang tinggi. Selain itu, beberapa ikan laut ...

MetroSehat.com - Tidak hanya karena enak, orang-orang memakan ikan karena kandungan proteinnya yang tinggi. Selain itu, beberapa ikan laut bahkan mengandung omega 3 yang baik untuk otak dan jantung. Namun ketika ikan disajikan secara mentah tanpa dimasak seperti halnya makanan Jepang, apakah hal tersebut tetap baik bagi kesehatan?

Berdasarkan penelitian, ternyata terlalu sering memakan ikan mentah memiliki efek samping.

Keracunan Makanan

Apabila ikan yang didapat berasal dari laut yang sudah tercemar methyl mercury, tentu saja itu akan berbahaya bagi kesehatan kita hingga menyebabkan keracunan. Tidak hanya karena bahan kimia saja, bakteri Salmonella dan Vibrio vulnificus pada ikan juga dapat menyebabkan keracunan. Biasanya gejala mual, kram perut, sakit kepala, diare, lemas, hingga muntah dapat sekitar sekitar 1 sampai 2 hari setelah mengkonsumsi ikan mentah yang tercemar bahan kimia maupun bakteri tersebut.

Kekurangan Vitamin B1

Kekurangan vitamin B1 atau thiamine dapat terjadi kepada orang yang terlalu banyak mengkonsumsi ikan mentah. Hal tersebut dikarenakan proses memasak seafood sebenarnya dapat menghilangkan senyawa kimia yang dapat menganggu penyerapan vitamin B1.


Hepatitis

Kondisi hati bisa rusak akibat memakan ikan mentah yang terkontaminasi. The University of Maryland Medical Center memberi saran agar tidak memakan ikan mentah untuk mengurangi resiko terkena virus hepatitis.

Menghindari Efek Negatif Ikan Mentah

Jika memang benar-benar ingin memakan ikan secara mentah, pastikan tubuh sedang dalam kondisi yang baik dan sehat. Pastikan juga ikan dalam kondisi yang segar dan tidak disimpan terlalu lama dalam keadaan mati. Bagi ibu hamil, bayi, anak-anak, ataupun orang yang berusia lanjut, sebaiknya hindari mengkonsumsi ikan mentah.
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

makanan 4357323132578881650

Post a Comment

emo-but-icon

item