Penyebab Dada Kanan Sakit, Bukan Penyakit Jantung?

MetroSehat.com -  Sakit atau nyeri pada dada memang cukup membuat panik. Karena kebanyakan orang langsung berpikiran bahwa itu ada hubungann...

MetroSehat.com - Sakit atau nyeri pada dada memang cukup membuat panik. Karena kebanyakan orang langsung berpikiran bahwa itu ada hubungannya dengan penyakit jantung. Tidak ada salahnya memang, lebih baik kita waspada daripada meremehkan setiap tanda-tanda penyakit, apalagi penyakit berbahaya. Namun apabila dada kanan yang sakit, perlukah kita khawatir? Apa saja penyebab dada kanan sakit?

Letak jantung dimana? Sebenarnya jantung berada di dada sebelah kiri. Jadi kamu bisa sedikit lega karena nyeri pada dada sebelah kanan bukanlah penyakit jantung. Walaupun rasa nyeri yang terjadi bisa berlangsung sangat lama.

1.  Penyakit Kandung Empedu dan / atau Radang Hati

Salah satu penyebab yang mungkin adalah penyakit kandung empedu. Orang yang terkena penyakit kandung empedu biasanya memiliki gejala sakit pada bagian dada sebelah kanan. Bagian hati juga yang mungkin saja ikut mengalami peradangan bisa saja berakibat pada rasa nyeri di dada kanan.

Orang yang sering mengkonsumsi makanan berlemak tinggi biasanya berpotensi mengidap penyakit kandung empedu ini. Karena lemak yang tinggi bisa menyebabkan adanya batu atau gumpalan pada saluran empedu.


2. Pleuritis / Radang Pleura

Peradangan pada pleura atau jaringan yang mengelilingi paru-paru dapat menyebabkan rasa nyeri pada dada kanan. Jika mengalami penyakit ini, biasanya pasien juga akan mengalami masalah pada pernafasannya, seperti batuk atau masalah tarikan nafas.

3. Riwayat Cedera, Infeksi Virus, Trauma

Rasa nyeri atau sakit pada dada kanan juga bisa saja disebabkan karena infeksi virus, riwayat cedera dan trauma yang pernah dialami pada dada bagian kanan.

Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter agar bisa mendapatkan kepastian dan penanganan lebih lanjut terkait sakit atau nyeri pada bagian dada kananmu.
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

penyakit 3589978793311915689

Post a Comment

emo-but-icon

item